Suzuki Jakarta - Selamat datang kembali di website kami suzuki jakarta pusat, kami akan sedikit memaparkan tip-tip melakukan perawatan mobil baru anda. Mobil adalah alat transportasi darat yang berfungsi untung mengangkut suatu barang, untuk mempermudah pekerjaan manusia, ataupun yang lainnya agar lebih cepat sampai di tempat tujuan. Mobil digerakkan dengan menggunakan tenaga mesin, yang menggunakan pembakaran dalam, dengan minyak seperti bensin, solar, dan lain sebagainya untuk memperlancar kerja mesin.

Adapun komponem-komponen dalam mobil sebagai berikut :

  • Bagian Mesin
  • Kepala silinder : Mekanisme Katup, Ruang Bakar, Busi, Injeksi Bahan Bakar, Saluran masuk dan buang, Saluran Pendingin Mesin/Water jacket.
  • Blok Silinder : Silinder, Piston, Water jacket
  • Bak Oli : Crank Shaft, Karburator, Radiator, System Bahan Bakar, System Pengisian, System Pengapian ( Mobil Konvensional ), System Starter, System Pelumasan
  • BagianPemindah Tenaga terdiri dari :
    • Kopling / clutch
    • Transmisi : Transmisi Manual, Transmisi Semi-otomatis, Transmisi Otomatis, Poros Propeler,  Differential/Gardan, Poros Roda, Roda.
  • Bagian Perlengkapan terdiri dari : System Pendingin atau AC,  System Rem, System Kelistrikan

Adapun Jenis-Jenis Mobil (berdasarkan cara penggunaannya), :

  1. Mobil sejenis pick up sampai truk, digunakan untuk alat pengangkutan
  2. Mobil Pribadi, digunakan untuk alat kebutuhan sehari-hari manusia.
  3. Angkutan Umum, digunakan untuk alat transportasi masal, khususnya E4) Mobil Sport, yaitu mobil untuk kegiatan olah raga ( off road, racing dll ) SUV ( Sport Utility Vehicle ), mobil sport yang digunakan pada kegiatan sehari-hari. Contoh : new ertiga, karimun, ignis,  dan sebagainya. ( termasuk ke dalam mobil pribadi ).

Setelah mengetahui apa itu mobil, komponen yang terdapat dalam mobil, dan jenis serta kegunaan mobil, perlu diketahui khususnya bagi kalangan yang baru saja perdana membeli mobil baru. Bagaimana cara merawat dan menjaganya agar terus terlihat bagus, oke, dan ellegant setiap waktu.

Dalam perawatan mobil baru dari dealer, tidak perlu dibawa ke bengkel ataupun memanggil ahli mobil untuk mengeceknya, namun bisa sebenarnya untuk di handle perawatan sendiri, keuntungannya bisa mengurangi biaya perawatan dibandingkan jika dibawa ke bengkel. Namun efek sampingnya, jika lupa dalam perawatan yang rutin, maka justru hal itu akan menurunkan performa menjadi berkurang, bahkan mobil terlihat sangat kotor seperti gundukan bukit pasir.

Perawatan yang dapat dilakukan mandiri ini tidaklah wajib dilakukan setiap hari, tetapi paling tidak satu minggu sekali atau bisa jadi dua minggu sekali, ketika waktu luang tiba, seperti hari libur kantor, dan buat yang berkeluarga bisa atur waktunya sendiri dengan keadaan. Jika perawatan dapat dilakukan dengan rutin maka hasilnya akan sangat memuaskan, dapat memberikan nuansa yang segar setiap saat, tampilan yang kinclong karena perwarnaan dengan paint proteciton , dan masih banyak lagi efek baiknya.

      1. Menjaga Mobil Dari Jamur Pada Kaca Dan Body Mobil

Cara perawatan mobil baru dari dealer pertama yaitu, harus bisa menghindarkan mobil dari jamur yang biasa hadir di kaca maupun cat body, karena bila jamur sampai menempel atau melekat kuat pada kedua bagian tadi, tentunya akan mengurangi kesan dari kebersihan mobil, bisa dibilang tampilan mobil seperti mobil bekas tanpa perawatan. Tenang, untuk menghindarkannya, hanya perlu menghindarkan mobil dari lembab yang biasanya terjadi ketika mobil basah terkena hujan lalu panas, sebaiknya bila terjadi hal seperti ini, langsung saja bersihkan dengan lap kering. Hal tersebut merupakan salah satu tips perawatan mobil dengan baik dan benar dari jamur ataupun lumut. Lalu hindarkan pemakain mantel mobil, karena dengan pemakaian mantel mobil dikala hujan, justru akan memancing jamur itu datang dan hinggap di mobil.

     2. Mencuci Mobil Setiap Kali Kotor

Terkadang rasa malas yang amat sangat menempel dalam diri siapapun insan itu membuat semua hal menjadi berantakan. Apalagi kalau hanya untuk mencuci mobil, biasanya dianggap sepele. Padahal justrus mencuci mobil adalah hal yang harus juga sering diperhatikan. Karena apabila mobil setelah perjalanan apalagi dalam keadaan hujan, tentunya mobil sangat terlihat kotor dan kumuh. Jika tidak dibersihkan, kotoran yang menempel akan merekat kuat dan sulit untuk dihilangkan. Dan akan memperburuk kecantikan mobil. Maka dari itu, pelajarilah cara mencuci mobil yang efisien serta rajin-rajinlah dalam mencuci mobil supaya menjaga kecantikan dan keindahan mobil idaman yang telah didapatkan

      3. Menghindarkan Mobil Dari Cahaya Terik Matahari

Sudah selayaknya saat panas di siang hari, sebaiknya mobil diletakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung, misalnya jika tidak ada ruang tertutup, mobil bisa diletakkan di bawah pepohonan, atau ditempat lain asalkan tidak terkena paparan cahaya terik matahari secara langsung. Karena efek dari hal yang satu ini akan sangat buruk bagi mobil baru, tidak hanya membuat kondisi dalam mobil menjadi panas, tetapi akan membuat cat mobil cepat kusam dan pudar. Maka dari itu ketika punya mobil perlunya mempelajari cara perawatan body mobil salah satunya dengan menghindarkan mobil dari cahaya terik matahari secara langsung. 

    4. Membersihkan Bagian Dalam Mobil Secara Rutin

Membersihkan bagian dalam mobil secara rutin merupakan salah satu cara merawat mobil baru, bisa menggunakan lap bersih dan halus dengan produk pembersih. Tapi jangan langsung maen semprot aja, sebaiknya pembersih disemprotkan ke lap terlebih dahulu, karena jika secara langsung, dikhawatirkan akan terjadi hal yang mengganggu kelistrikan, apalagi pada mobil-mobil yang penuh dengan perangkat elektronik. Setelah itu, barulah lapkan kain yang telah disemprot tadi ke setiap bagian dalam mobil, mulai dari bagian dashboard, doortrim, dan seluruh bagian yang dianggap kotor. Dengan catatatn, yang dibersihkan berbahan karet maupun plastik, bukan bahan kain berbulu.

    5. Merawat Bagian Mesin Mobil

Biasanya, bagian mesin sering dikesampingkan oleh para pemiliknya. Selain karena jarang dijangkau kalau tidak rusak, mesin seringkali dihindarkan karena efek panas setelah pemakaian. Namun ada baiknya jika membersihkan bagian mesin mobil dari berbagai debu yang ada didalamnya dengan air bersih dengan sikat maupun lap yang di beri cairan pembersih, atau bisa juga dengan menggunakan produk engine degreaser yang banyak ditemui dipasaran, yang bisa didapatkan dengan harga bervariasi. Perlu diingat cara mencuci mesin mobil, sebelum dibersihkan, cek terlebih dahulu bagian mesin, jangan sampai ada yang yang terbuka ataupun terkelupas. Karena akan mempengaruhi kerja dari mesin tersebut. Perawatan mesin mobil tentunya juga tidak cukup dengan membersihkan ataupun mengecek dibagian mesinnya saja, tidak dipungkiri bahwasannya perlunya sebuah aki pada setiap mobil yang juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat aki mobil.

    6. Mengganti Oli Secara Teratur

Hal yang satu ini, tidak bisa ditolerir, baik mobil baru maupun lama, pastinya harus rajin-rajin melakukan pergantian oli. Tidak terkecuali bagi mobil yang jarang dipakai, semua harus mengganti oli sesuai dengan prosedur atau paling lama selama 6 bulan sekali. Dikarenakan oli yang terlalu lama didalam mobil biasanya akan mengalami pengendapan yang menjadikan bagian paling inti atau paling dalam mesin terdapat noda. Dan dari noda bandel inilah, yang akan membuat performa mobil menjadi tidak prima dan stabil. Selain hal tersebut perlu juga mengetahui jenis oli mobil yang sering dipakai. Jika ingin menghemat biaya service  tentunya perlu mempelajari cara ganti oli gardan mobil sendiri. 

     7. Menggunakan BBM Sesuai Dengan Jenis Mobil

Sebaiknya mengisi bahan bakar di tempat yang resmi, misalnya di Pom Bemsin. Jangan yang di emperan atau diluar yang pom. Dan diharapkan biasa memilih bahan bakar yang sesuai dengan mobil. Jika yang sandard, biasanya menggunakan BBM jenis bensin, lebih baiknya apabila dengan pertamax. Keuntungannya dapat menjadikan mesin tetap memiliki performa yang prima, tetapi juga membantu program pemerintah dalam membantu pengurangan pemakaian BBM bersubsidi. Karena BBM bersubsidi diberikan untuk orang-orang yang kurang mampu.

     8. Gunakan Mobil Sewajarnya Dan Tidak Berlebihan

Cara perawatan mobil baru dari delaer yang terakhir sekaligus saran agar mobil tetap dalam keadaan terbaik. Gunakanlah mobil sewajarnya, misal saja menjalankan mobil sesuai dengan kecepatan, bila berada pada kecepatan rendah gunakan gigi rendah, dan jika dikehendaki kecepatan tinggi juga gunakan posisi gigi kecepatan tinggi. Lalu hindari sebisa mungkin pengereman secara mendadak, karena dapat merusak kampas rem dan dapat menimbulkan kerusakan lain yang akan membuat mobil menjadi tidak bisa berjalan stabil di jalan raya sewaktu digunakan, kapan pun itu waktunya.

Tips lain untuk merawat mobil baru yaitu :

  1. Membersihkan ekterior mobil secara berkala
  2. Membersihkan karpet agar terhindar dari debu
  3. Membersihkan bagian kolong Spatbor dan Mesin

Dari ulasan yang telah dipaparkan, semoga dapat diterapkan oleh pengguna mobil, khususnya para pengguna mobil baru. Perawat mobil matic atau manual dari dealer sangatlah penting, karena akan memperlihatkan kecantikan mobil itu sendiri. Bagaimana perawatan yang dilakukan agar mobil selalu bersih, nyaman, wangi, dan ellegant. Sehingga tidak terlihat kotor dan kumuh. 

   Terimakasih sudah Mampir di website kami

Untuk Melakukan Pemesanan NEW ERTIGA , IGNIS , MOBIL SUZUKI , SX4 S-CROSS (CBU) , APV , KARIMUN , MEGACARRY dll. Silahkan Hubungi Marketing Suzuki Pusat

FARIEZ

0811-9299-935 atau di 0816-904-935